Tugas Mata Kuliah
Paket Program Niaga
Nama :
Muhammad Dede Soleman
Nim :
1422481558
Dosen : Nasril Sany, S.kom,
Pendahuluan
Bagi kita yang
sering membuat surat, tentu pernah mengalami
kesulitan ketika kita diharuskan membuat surat untuk banyak orang dengan
isi yang sama. Tidak jarang sebagian orang awam akan menemui kesulitan ketika
harus mengganti nama atau alamat si penerima surat. Nah ada sebuah aplikasi di
dalam Microsoft Word yang memungkinkan kita lebih mudah untuk mengerjakan
pekerjaan semacam ini. Aplikasi ini yang disebut dengan Mail Merge.
Pengertian
Mail Merge
Dalam bahasa
Indonesia, pengertian Mail Merge bisa juga disebut dengan “Surat Massal”. Di
sini pengertian mail merge adalah sebuah cara atau metode untuk membuat banyak
tulisan atau terutama surat dengan format yang sama dengan mudah dan sangat
cepat, hanya dengan mengubah sedikit pada bagian nama atau alamat si penerima
surat . Untuk bekerja dengan mail merge yang diperlukan hanyalah data yang
berisi nama, alamat, jabatan, atau data lainnya yang ingin ditambahkan atau
diubah. Untuk format atau isi surat bisa hanya dengan satu format atau satu isi
yang sama persis.
Fungsi
Mail Merge
Fungsi mail
merge dalam pengertian mail merge secara umum adalah untuk membantu mempermudah
dalam pembuatan surat atau tulisan lain dalam jumlah yang banyak dengan format
yang sama. Fungsi Mail Merge ini sangat membantu, karena dalam cara kerjanya
kita hanya perlu membuat dua file. File pertama berupa spreadsheet atau
database yang berisi data seperti nama, alamat, atau data lainnya yang akan
diolah. Sedangkan file kedua adalah berupa isi dari surat yang akan mengolah
data yang telah ada dari file yang satunya. Dalam pengertian mail merge, di
sini ada beberapa contoh mail merge yang paling umum. Contoh mail merge yang paling
banyak mungkin bisa dilihat dalam pembuatan surat undangan, surat lamaran
kerja, surat pemberitahuan, dan lain sebagainya. Contoh mail merge misalnya
dalam membuat surat undangan yang mungkin jumlahnya mencapai puluhan bahkan
ratusan, mungkin kita akan kesulitan jika dilakukan dengan cara manual. Namun
dengan bantuan aplikasi mail merge ini kita akan sangat dibantu. Yang perlu
dilakukan hanyalah membuat database berisi tag nama, alamat, atau info lainnya.
Contoh mail merge lainnya misalnya saat harus membuat sebuah surat pemberitahuan
untuk banyak orang atau instansi. Untuk mempermudahnya bisa menggunakan
aplikasi mail merge ini.
Cara Menggunakan Mail Merge Pada MS Word
Mail Merge adalah
suatu tools yang terdapat pada menu bar “Mailings” pada Microsoft Word. Dimana dapat
kita manfaatkan untuk membuat database dokumen. Misalkan kita membuat undangan
untuk 100 orang. Bukan berarti kita harus menulis surat sejumlah 100 buah untuk
100 undangan. Kita cukup membuat satu buah surat, dan untuk mengisikan nama dan
alamat yang berbeda untuk tiap para undangan.
Mungkin penjelasan
ini kurang dapat di pahami. Lebih mudahnya, mari kita bersama belajar membuat mail merge.
Langkah 1
Ketikan Surat, sebagai contoh singkat seperti di bawah :
______________________________________________
Kepada :
Alamat :
Diharapkan Kehadirannya :
Pukul :
10:00 WIB
Di Aula Raharja lantai 3
Acara Pembukaan MMSP 2014
Hormat Kami
Panitia
__________________________________________
Langkah 2 (membuat mail merge)
- Klik menu bar Mailling
- Klik Start Mail Merge
- Pilih Letters
- - Kemudian kita Klik Select Recipients
- - Pilih Type New List
- Kemudian akan muncul Windows seperti dibawah :
- Kemudian kita klik tombol “Customize Columns…”, karena kita hanya membutuhkan 2 field, yaitu Nama dan Alamat
- - Setelah kita klik tombol “Customize Columns…”, akan muncul kotak dialog seperti di bawah,
- - Tugas kita disini ilaha menghapus semua field yang ada, dengan cara klik tombol “Delete”, dan akan muncul dialog pertanyaan seperti dibawah,
- Dan kita bias lihat bahwa field “Title” telah hilang, dan lakukan hal tersebut hingga field kosong, seperti gambar di bawah,
- - Kemudian untuk mengisikan field “Nama” dan “Alamat”, kita klik tombol “Add”. Lihat gambar di bawah,
- - Dan seterusnya hingga field “Alamat”, dan klik OK
- Maka akan muncul dialog seperti dibawah,
- - Di dialog ini, kita akan mengisikan data atau nama dan alamt orang yang akan kita undang, pilih “New Entry” (sebanyak kebutuhan kita), lalu klik Ok
- Kemudian kita harus simpan data yang sudah kita inputkan, untuk nama terserah anda.
- Setelah selesai kita membuat data, maka kita menginjak langkah selanjutnya.
- - Menjalankan mail merge kita, lihat gambar di bawah,
- Posisikan kursor kita di isian Kepada, dan kita klik tombol “Insert Merge Field”, pilih “Nama”, dan pilih “Alamat” untuk isian alamat, maka akan muncul otomatis seperti terlihat gambar dibawah,
- Kemudian untuk menampilkan data, kita Klik tombol “Preview Result”, seperti gambar di bawah,
- Maksud angaka satu adlah, merupakan data ke-1, dan untuk melihat berikutnya, klik tombok Next, lihat gambar di bawah,
Dan Undangan Siap Di Print dan di gunakan Sebagai mana mestinya......
Ingin lebih jelas Lihat Video di bawah ini :
Semoga Info ini sedikit bermanfaat... :D
Sumber :
Bet365 Casino India - JCMH Hub
BalasHapusBet365 casino India. We're talking 제주 출장마사지 about Bet365 casino. Casino & 동두천 출장샵 Sportsbook. 포항 출장안마 Enjoy our casino games, poker, slots and blackjack. Bet365 여주 출장안마 is 천안 출장마사지 a UK-licensed operator